Siap Siap! ASN Pindah Ke IKN Sebentar Lagi

109 views
Mantratoto

Segera! 6 Bulan Lagi 2.500 ASN Akan Segera Di Pindahkan Ke IKN

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Indoharian, Jakarta – ASN Pindah ke IKN Kurang lebih 6 bulan lagi, ibu kota baru yang akan di pindahkan di Kalimantan Timur akan resmi beroperasi pertama kali. Otorita Ibu Kota Nusantara Baru (Otorita IKN) dipastikan IKN akan beroperasi secara perdana pada tanggal 17 Agustus 2024 mendatang bertepatan dengan perayaan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Otorita IKN Silvia Halim menyebutkan, bahwa IKN beroperasi untuk perdana launching pada tanggal 17 Agustus 2024 dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai diresmikan maka operasi IKN akan langsung berlanjut. Maka itu, ribuan para Aparatur Sipil Negara atau yang biasa lebih dikenal dengan ASN juga akan ikut pindah dari Jakarta ke IKN.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memperkirakan kalau proses ASN Pindah ke IKN akan di laksanankan pada bulan Agustus tahun ini. Pada tahap awal ini, diperkirakan sudah ada 2.500 ASN yang akan bergeser kesana.

“Jadi sekarang sedang dibuat langkah-langkah yang lebih rinci, jangka pendek, menengah dan panjang. Jangka pendek ini kita persiapkan dengan hunian yang tersedia, tetapi Agustus sampai Oktober pasti tetap akan ada yang pindah ke IKN lagi, karena persiapan huanian sudah ada, paling tidak untuk 2.500 ASN sudah ada,” kata Anas pada Sabtu 24 Februari 2024.

Secara keseleruhan sampai Desember 2024, Kementerian PANRB mengkira ada kurang lebih 12 ribu ASN terdiri dari JPT Madya, JPT Pratama, Jabatan Administrator, Jabatan Fungsional, dan Pelaksana dari 38 Kementeriandan lembaga saja secara perlahan akan pindah ke IKN.

“Penetapan jumlah personel ASN dan PNS instansi pusat yang akan dipindahkan ke IKN akan dilakukan secara bertahap dan juga memperhatikan berbagai prosedur seperti Berperan kementerian/lembaga dalam memastikan hal ini serta prioritas misi dan fungsi.” Kami akan menjamin kelancaran tata kelola IKN,” kata Azwar Anas.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Guru Lecehkan Siswi SMP Cigombong, Bejat!!
Sejak Awal Tahun 2024 Kenaikan Harga Beras dari BAPANAS Terus Dikeluhkan
Kondisi Ekonomi Dan Modal Pasca Pemilu 2024

Ada juga beberapa tahapan untuk menentukan PNS yang akan pindah ke IKN. Pertama, Kementerian PANRB sekarang ini juga sudah melakukan analisis untuk memilih kementerian/lembaga mana saja, dan unit kerja yang memiliki point penting untuk dipindahkan pada prioritas pertama ke IKN.

“Hal tersebut bertujuam untuk memastikan penyelenggaraan pemerintahan tetap dapat berjalan lancar tanpa masalah pada masa awal pemindahan, tentunya di support dengan digitalisasi sistem pemerintahan,” imbuh Anas.

Kedua, masing-masing kementerian/lembaga harus sortir secara mandiri jabatan dan ASN yang akan dipindahkan dengan berbasis filter dari KemenPANRB tersebut.

“Dalam pemilihan pegawai ASN Pindah ke IKN, kita juga harus memperhatikan beberapa hal, yaitu harus mahir dalam bidang digital, memiliki kemampuan multitasking, dan mampu menerapkan nilai-nilai AKHLAK,” jelas Anas.

Sumber: Liputan6

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply