Viral Dimedsos Jakarta Gempa Megathrust BMKG langsung buka suara

130 views
Mantratoto

Indoharian – Viral di medsos jakarta akan gempa besar, megathrust lumpuhkan Jakarta BMKG langsung buka

 

Beredar Video Tiktok dimedsos yang sudah viral dengan issue gempa besar di jakarta akan melumpuhkan seluruh kota jakata, lalu BMKG buka suara prihal video yang beredar tersebut merupakan rekaman yang diambil pada saat meeting telah dipotong sehingga menjadi makna yang berbeda, video tersebut adalah rekaman meeting dengan komisi V DPR RI pada kamis 14 maret 24 di senayan jakarta pusat.

Saat rapat kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan kepada anggota dewa mengenai alasan perlunya pembangunan GOPDT( Gedung Operasional Peringatan Dini Tsunami) atau Indonesia Tsunami Early Warning System di Bali.

Lumpuh yang dimaksudka dalam video yang viral tersebut adalah lumpuh untuk jaringan telekomunikasi akan lumpuh pada saat adanya gempa besar megathrust untuk itu BMKG membangun cadangan melalui gedung tersebut di Bali. Gedung Tersebut akan menjadi mitigasi, misalnya saat terjadi gempa besar di pantai Samudera Hindia Kurang dari 250 kilometer dari tepi pantai yang berkekuatan M 8,7 bisa melumpuhkan banyak gedung di kemayoran.

Untuk itu diperlukan pembangunan kembali dengan standart gedung yang tahan gempa dan likuifaksi. bangunan yang ada dikemayoran ini. jadi sementara ini gedung cadangan yang ada di denpasar Bali perlu disiapkan untuk Operasi Cadangan yang pastinya dengan desain khusus tahan gempa sebagai back up jika sewaktu-waktu InaTEWS yang di jakarta benar-benar mengalami kelumpuhan.

Penjelasan tersebut diharapkan bisa menjelaskan kesemua masyarakyat Indonesia meredakan kekhawatiran karena video yang beredar viral di tiktok, Kepala BMKG Dwikorita juga berharap kepada masyarakyat Indonesia agar berhati-hati dan tidak langsung menerima isu atau kabar yang berasal dari media sosial, masyarakyat bisa juga mencari informasinya lagi lebih dalam dengan lagi bisa langsung ke lembaga satu-satunya di Indonesia BMKG lembaga pemerintah yang langsung diberi kewenangan dan tugas bidang merteorologi klimatologi, dan geofisika.

Mudah-mudah pembangunan infrastruktur gedung gempa yang kuat di Indonesia bisa sangat berguna memimalkan kerugian akibat bencana alam, karena komitmen untuk melindungi masyarakyat dari ancaman harus menjadi prioritas yang utama bagi setiap pihak yang terkait.

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply