Heboh, Bagian Pesawat Boeing di AS Hilang Ketika Terbang

143 views
Mantratoto

Pesawat Boeing Seri 737-800 Bermasalah Lagi, Ada Bagian Panel Hilang Selesai Mendarat di Bandara

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Bagian Pesawat Boeing di AS Hilang Ketika Terbang

Indoharian – Heboh, Bagian Pesawat Boeing di AS Hilang Ketika Terbang, Panel atau bagian struktur bawah pesawat Boeing United Airlines lepas saat terbang. Lepasnya panel itu baru diketahui setelah pesawat sampai dibandara Oregon, Amerika Serikat (AS). Berikut fakta terkait panel pesawat Boeing lepas saat terbang:

Panel Lepas Baru Diketahui Usai Dicek Petugas di Pendaratan Pesawat

Pemeriksaan sebelum penerbangan di AS menemukan ada panel lepas pada pesawat seri Boeing 737-800 yang baru saja singgah di Oregon pada Jumat (15/3/2024). Dilansir Associated Press, pesawat yang kelepasan salah satu panelnya itu dioperasikan oleh maskapai United Airlines dengan kode penerbangan 433 oleh rute San Francisco-Oregon.

Berdasarkan radar pelacak penerbangan FlightAware, pesawat tersebut terbang dari San Francisco pada Jumat (15/3/2024), sekitar pukul 10 pagi. Pesawat tiba di Bandara Internasional Medford Rogue Valley di Medford sebelum siang hari.

Direktur bandara tersebut, Amber Judd, menegaskan pesawat mendarat dengan selamat tanpa peristiwa apapun. Panel eksternal itu diketahui hilang selama pemeriksaan pasca-penerbangan. “Setelah pesawat diposisikan di gate, ditemukan panel eksternalnya hilang,” sebut juru bicara United Airlines.

Panel Terletak di Pertemuan Sayap dan Badan Pesawat

Mengabarkan CNN dan Associated Press, Minggu (17/3/2024), Pihak maskapai United Leslie Scott mengatakan panel yang hilang berada di sisi bawah badan pesawat. Panel itu harusnya ada di sayap dan bodi utama pesawat berjumpa.

Panel itu terletak tepat di sebelah roda pendaratan. Pesawat tersebut berasal dari kode Boeing 737-800. Ini adalah pesawat angkatan lama, bukan pesawat 737 Max terbaru yang menjadi berita heboh.

FAA menyebut pesawat tersebut melakukan penerbangan pertamanya pada bulan April 1998 dan dikirim ke Continental Airlines pada bulan Desember tahun itu. United Airlines kemudian mengoperasikannya sejak 30 November 2011. Pesawat ini berjenis 737-824 yang merupakan bagian dari seri 737-800.

Boeing menyatakan mengembalikan komentar kepada United mengenai armada dan operasi maskapai tersebut. United sendiri mengklaim hilangnya panel tersebut tidak mempengaruhi karakteristik terbang pesawat. Awak Penerbangan juga disebut tidak menyatakan keadaan darurat dan tidak menyampaikan indikasi kerusakan selama penerbangan. Pesawat dengan139 orang penumpang itu telah mendarat dengan aman.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Viral Dimedsos Jakarta Gempa Megathrust BMKG langsung buka suara
Diduga Anak Bakar Rumah Panggung Orang Tua
Tawuran Pelajar Tangsel Heboh Memakan Korban

 

Kegiatan di Bandara Sempat Ditutup untuk Cari Panel Lepas

Otoritas bandara sempat memutuskan untuk menghentikan operasional penerbangan untuk memeriksa landasan pacu dan lapangan terbang guna mencari panel pesawat yang hilang tersebut. Namun, tidak ada puing yang ditemukan.

Tidak diketahui kapan panel itu terlepas dan di mana lokasinya. Judd mengatakan dirinya meyakini awak lapangan atau pilot United Airlines yang melakukan pemeriksaan rutin sebelum penerbangan berikutnya adalah orang-orang yang menyadari hilangnya panel tersebut. “Mereka sama sekali tidak tau dimana tepatnya lokasi kehilangannya,” kata Judd kepada RV Times.

“Setelah tidak menemukan puing-puing di lapangan terbang, operasi normal di MFR dilanjutkan beberapa menit kemudian,” sambungnya.

Administrasi Penerbangan Federal AS juga akan menyelidiki insiden tersebut. Hilangnya panel ini terjadi ketika United menghadapi pengawasan ketat atas setaraf insiden dengan pesawat lain. Termasuk, insiden mesin menelan bubblewrap dan terbakar di udara serta penerbangan lain yang kerusakan ban setelah lepas landas.

 

Sumber: detikNews

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply