sakuratoto

Panglima TNI Gatot Ditolak Masuk ke AS, Menhan AS Menyesal

 NEWS, POLITIK
Iklan Ads

Menhan AS Sesalkan Insiden Panglima TNI Gatot Ditolak Masuk ke AS

Alam dan Entertainment News ,Berita Dunia Terbaru ,Berita hari ini ,Berita Indonesia Terbaru ,Berita Terkini ,berita terupdate Foto ,Indoharian kesehatan ,Politik ,Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com ,Ulasan Teknologi ,Video

Menhan AS Sesalkan Insiden Panglima TNI Gatot Ditolak Masuk ke AS

 

IndoHarian – Amerika Serikat akhirnya menyesal atas insiden Panglima TNI Gatot ditolak masuk ke AS. Permintaan maaf tersebut langsung disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat James Mattis ke Menhan RI Ryamizard Ryacudu.

“Menhan AS, James Mattis, siang ini pada hari Senin 23 Oktober 2017 menyampaikan permohonan maaf kepada Menhan RI Ryamizard Ryacudu atas peristiwa sempat ditolaknya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di Amerika Serikat untuk memenuhi undangan Kepala Staf Gabungan militer AS,” tutur Kapuskom Publik Kemenhan, Brigjen Totok Sugiato kepada awak wartawan, pada hari Senin (23/10/2017).

Permintaan maaf tersebut disampaikan secara khusus kepada delegasi Indonesia yang dipimpin Ryamizard sebelum Mattis menggelar pertemuan dengan para Menhan ASEAN dalam acara ASEAN Defense Ministers’ Meeting (AADM)-Plus di Filipina yang berlangsung mulai tanggal 22-25 Oktober 2017. Totok juga mengirimkan jepretan foto saat Mattis menyalami Ryamizard.

Permintaan maaf lainnya juga sudah disampaikan oleh Kedutaan Besar AS untuk RI dalam insiden Panglima TNI Gatot ditolak masuk ke AS. Kedubes AS kemudian berjanji mengupayakan supaya Gatot dapat memasuki wilayah negara mereka.

“Dubes Joseph Donovan sudah meminta maaf ke Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan Jenderal Gatot,” demikian pernyataan Kedubes Amerika Serikat untuk Indonesia, pada hari Minggu (22/10).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
James Mattis Minta Maaf Atas Insiden Pelarangan Panglima TNI Masuk AS
Panglima TNI Ditolak Masuk Ke AS, Ini Dampak yang Akan Terjadi
Begini Reaksi Panglima TNI Saat Dirinya Dilarang Masuk ke AS

Meski sudah ada permintaan maaf itu, tetapi sampai kini belum ada alasan yang jelas apa penyebab Gatot ditolak masuk AS. Padahal Gatot berniat ke negeri Paman Sam tersebut untuk memenuhi undangan.

“Saya sampaikan bahwa itu saja tidak cukup. Kami tetap perlukan adanya penjelasan kenapa peristiwa itu sampai terjadi,” tegas Menlu Retno setelah ditemui Wakil Dubes AS Erin di kantornya, kemarin.

Pihak AS, tambah Menlu Retno, terus berusaha untuk memperbaiki situasi. Mereka juga menegaskan kini tidak ada lagi masalah jika Jenderal Gatot hendak berkunjung ke Amerika Serikat.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, acara yang akan dihadiri Gatot bernama Chiefs of Defence conference on country violent Extremist organizations (VEOs) yang akan diselenggarakan pada tanggal 23-24 Oktober 2017 di Washington DC. Acara tersebut diinisiasi oleh pemimpin tertinggi Marinir Amerika Serikat Jenderal Joe Dunford.

“Jadi beliau adalah utusan dari pemerintah Indonesia. Jadi berangkat ke sana atas perintah Presiden RI,” tutur Kapuspen TNI Mayjen TNI Wuryanto dalam jumpa pers di Kantor Panglima TNI, Jalan Medan Merdeka Barat, pada hari Minggu (22/10). Panglima TNI Gatot Ditolak Masuk ke AS, Menhan AS Menyesal.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita3

Related Posts

Leave a Reply