banner 468x60

Polisi Buru dan Cari Tahu Motif Pelaku Perusakan Patung di Vihara Singkawang

 NEWS
banner 468x60

Tidak Bisa Masuk Kedalam Vihara, Pelaku Perusakan Patung Rusakin Bagian Depan

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Tidak Bisa Masuk Kedalam Vihara, Pelaku Perusakan Patung Rusakin Bagian Depan

 

IndoHarian – Polres Singkawang tengah mencari pelaku yang melakukan perusakan patung di sekitar Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang. “Kita masih memburu pelaku perusakan patung di sekitar vihara pusat kota,” ucap Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadie Mustofa, pada hari Jumat (8/9).

Berdasarkan dari rekaman CCTV yang diberikan pengurus Vihara, bahwa pelaku tak sempat merusak vihara. Hanya patung- patung yang berada di luar Vihara saja. “Jadi, vihara tak dirusak karena saat itu Vihara masih dalam keadaan terkunci. Cuma patung-patung yang ada di luar vihara saja,” tutur dia.

Pihaknya pun sudah mengantongi ciri-ciri pelaku berdasarkan dari hasil rekaman CCTV yang diberikan oleh pengurus Vihara tersebut. Menurutnya, yang di rusak hanya bagian ekor dari patung singa yang menjadi ornamen penghias di abgian depan vihara pusat kota tersebut.

Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pencarian dan menindak pelaku perusakan patung lantaran sudah mengganggu ketertiban umum di masyarakat. “Kita akan lakukan pencarian dan menindak pelaku, karena telah menggangu ketertiban di Kota Singkawang,” ucapnya.

 

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Pasca Pembakaran Bendera, Dubes Indonesia Dapat Telepon Dari Pemerintah Myanmar
Argo Hampir Putus Asa Dalam Kasus Penyerangan Penyidik Senior KPK
Selain Video Sawer, Terdapat Juga Foto Hotman Paris Telanjang Dada Bareng Cewek Cantik

 

Sementara itu, salah satu penjaga Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Anin (berusia 62 tahun) menceritakan, saat akan membuka vihara melihat semen beton dudukan tiang tak berada pada posisi semula. Kemudian, dia juga melihat ekor patung singa yg berada di sisi depan Vihara mengalami kerusakan.

“Sekitar jam 06.00 WIB saya melihat ada semen beton dudukan tiang bendera ada di depan teras vihara dan melihat ekor patung singa dalam kondisi rusak. Kemudian kejadian ini langsung saya laporkan ke ketua Vihara,” tuturnya.

Usai membuka hasil rekaman CCTV, jelasnya, diketahui bahwa pelaku pengrusakan melakukan tindakan itu sekitar jam 01.55 WIB. Di mana pada awalnya pelaku berusaha membuka pintu Vihara namun tak berhasil. “Berdasarkan hasil rekaman CCTV kejadian sekitar jam 01.55 WIB, dengan ciri-ciri pelaku, tinggi 170 cm, laki-laki, menggunakan sweater berwarna hitam, celana panjang hitam, rambut ikal, dan kurang lebih berusia 30 tahunan,” ceritanya.

Kemudian, pelaku berusaha membuka pintu pekong yang dalam kondisi terkunci dengan cara didobrak namun tidak berhasil terbuka. Karena tidak berhasil masuk ke Vihara, akhirnya pelaku merusak ornamen penghias Vihara yang berada tidak jauh dari vihara tersebut.

“Dari rekaman tersebut juga kita melihat pelaku mendatangi pagoda dupa dan menghamburkan abu dupa ke jalan. Usai itu merusak patung singa di bagian ekor menggunakan semen beton dudukan bendera selanjutnya pelaku meninggalkan Vihara,” tuturnya.

Berbekal dari Rekaman CCTV tersebut, pihaknya pun sudah membuat laporan polisi untuk melapor pelaku perusakan patung. “Sudah kita laporkan ke polisi untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

Related Search

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply