Awal Terjadinya Kebakaran Kapal Umsini di Makassar

375 views
Mantratoto

Awal Terjadinya Kebakaran Kapal Umsini di Makassar 10 Menit Sebelum Berangkat

Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, POLITIK Berita Dunia Terbaru, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Awal Terjadinya Kebakaran Kapal Umsini di Makassar

 

Indoharian –  Awal Terjadinya Kebakaran Kapal Umsini di Pelabuhan Soekarno Hatta, Sulawesi Selatan, terbakar 10 menit sebelum memulai berlayar. Kebakaran diketahui awal mula terjadinya dari gumpalan asap di cerobong.
Kepala Bagian Operasi Pelni Makassar Nannang mengatakan peristiwa bermula saat kapal akan diberangkatkan menuju rute tujuan, senin (9/7). Namun, sekitar pukul 05.30 Wita, tiba-tiba terdapat kepulan asap dari cerobong kapal.

“kejadiannya kurang lebih pada waktu subuh karena kapal Umsini ini kan mau berlayar jam 5 tadi pagi, subuh. Sekitar jam 05.30 Wita itu ada kepulan asap di cerobong,” ucap nanang, dilansir detik Sulsel, Minggu (9/6/2024).

Anak buah kapal (ABK) kapal KM Umsini kemudian langsung melakukan pemadaman saat itu juga. Selanjutnya, gumpalan asap kembali muncul lagi pada pukul 05.40 Wita di beberapa geladak kapal.

“Nah teman-teman anak buah kapal itu langsung segera dengan cepat ke atas kapal melakukan pemadaman pakai alat pemadam api ringan. Kemudian, jam 05.40 ternyata muncul gumpalan asap lagi di bagian dek-dek penumpang baik di dek 3, 4, 5 itu ada kepulan asap,” ucapnya.

ABK KM Umsini kini memberikan informasi Awal Terjadinya Kebakaran Kapal Umsini . Berikutnya tangga darurat kembali dipasang untuk mengevakuasi para penumpang agar langsung turun dari kapal.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Viral Mayat Di Depan Puskesmas Ternyata Korban Pembunuhan
Kasus Korupsi Emas Kejagung Periksa saksi dari PT Antam
Amarah Anita Jacoba Gah Saat Rapat Anggaran

 

Setelah penumpang dievakuasi, Ujar Nannang, pihak Pelni langsung menghubungi pemadam kebakaran. tak lama Petugas damkar pun tiba dan langsung melakukan proses pemadaman. Api pun padam, pemadaman tersebut berlangsung hingga membutuhkan empat jam.

Kapal KM Umsini yang membawa sekitar 1.677 penumpang terbakar di Pelabuhan Soekarno Hatta, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kapal yang hendak mau berlayar ke Surabaya, Jawa Timur (Jatim), itu diduga terbakar karena percikan api di ruang mesin.
Insiden bermula saat KM Umsini yang berlayar dari Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersandar di Dermaga Pelabuhan Soekarno Hatta, Minggu (9/6) sekitar pukul 04.20 Wita. Kejadian ini membuat penumpang panik sampai ada yang melompat dari kapal.

Sumber : detik.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply