Daftar Progam Motor Mudik Gratis Kemenhub 2024

95 views
Mantratoto

Menyambut Lebaran Progam Motor Mudik Gratis Kemenhub 2024 Telah Dibuka

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Daftar Progam Motor Mudik Gratis Kemenhub 2024

Indoharian – Motor Mudik Gratis Kemenhub 2024, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian telah menggelar program mudik motor gratis (Motis) menggunakan KAI pada angkutan Lebaran 2024. Meskipun sepeda motor gratis, namun calon penumpang kereta harus membayar tiket.

Direktur Lalu Lintas dan KAI Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, Arif Anwar, menyebutkan Kemenhub telah standby anggaran sekitar Rp 8-9 miliar untuk Program Motor Mudik Gratis Kemenhub 2024.

Jika di banding tahun sebelumnya, program Motis memberikan progam layanan pengiriman motor gratis beserta fasilitas dua tiket penumpang KAI. Tarif tiket KAI itu berharga Rp.10.000 untuk stasiun jarak tempuh dekat, dan Rp 20.000 untuk stasiun yang sudah jarak tempuh jauh.

Batas parsial sendiri adalah sebuah acuan dari tarif bagi pendaftar program mudik motor gratis. Hitungannya berdasarkan jarak maksimal per 290 km dari titik stasiun saat berangkat.

“Contohnya kereta montis lewat lintas utara, dengan jaraknya itu lebih dari 290 km. Artinya kurang dari 290 km itu harganya Rp 10.000. Kemudian lebih dari 290 km itu harganya menjadi Rp 20.000,” jelas Arif di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

“Dengan stasiun dari Cilegon kira-kira 290 km itu ada di tengah-tengah antara stasiun Tanjung dan Brebes. Sehingga batasnya ini ketika sudah memasuki Brebes dia sudah berharga Rp 20.000. Tetapi jika masih belum Brebes sebelum Tanjung ya dia berharga Rp 10.000 pertiket,” terangnya.

3 Lintasan Kereta
Ada juga angkutan di program Motis ini akan tersedia untuk tiga jalur kereta api, yakni jalur utara, tengah dan selatan. Untuk jalur utara akan berangkat pulang pergi dari Stasiun Cilegon menuju Semarang Tawang.

Sementara jalur tengah melewati rute Jakarta Gudang-Kutoarjo. Sedangkan jalur selatan akan melewati rute Jakarta Gudang-Madiun.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ini 7 Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari
Ini Jejak Militer Prabowo Subianto Dari Tahun 1985
Jokowi: Banjir Investor Di IKN Usai Pemilu 2024

Program ini bearti secara total akan melayani angkutan pulang pergi di 18 stasiun. Mulai dari Stasiun Cilegon, Jakarta Gudang, Tangerang, Depok Baru, Bekasi, Kiaracondong, Kutoarjo, Lempuyangan, Purwosari, Semarang Tawang, Madiun, Cirebonprujakan, Tegal, Pekalongan, Purwokerto, Kroya, Gombong, dan yang terakhir Kebumen.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KAI Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian Kemenhub, Arif Anwar, mengutarakan Program Motor Mudik Gratis Kemenhub 2024 ini siapkan untuk 28.196 orang penumpang dan 12.180 unit untuk motor.

“Kami akan menjalankan progam angkutan motor gratis seperti tahun lalu. Kalau di hitung rata-rata, ada sekitar 2.014 penumpang per hari dan 870 unit motor per hari,” jelas Arif dalam sesi konferensi pers di Jakarta, Jumat (1/3/2024).

Ada juga proses pendaftaran untuk mengikuti program mudik gratis motor ini akan dibuka untuk masyarat pada tanggal 4 Maret-18 April 2024. Untuk waktu pemberangkatan arus mudik, itu akan diterapkan dalam sepekan pada 2-8 April 2024.

Waktu pemberangkatan itu memiliki juga ada penundaan empat hari lantaran karena Hari Raya Idul Fitri 2024. Setelahnya, program Motis akan beroperasi kembali untuk arus balik pada 13-19 April 2024.

Program tersebut untuk angkutan pulang-pergi di sejumlah stasiun yang terbagi dalam tiga lintasan, yakni lintas utara, tengah dan selatan.

Arif menyebutkan, pihaknya akan menyediakan layanan penjemputan sepeda motor di seluruh stasiun tempat pengguna mendaftar atau melakukan keberangkatan. Motor yang berada di stasiun tersebut kemudian akan diangkut dengan truk menuju tempat pengumpulan motor setempat.

 

Sumber : Liputan6

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply