Jokowi: Banjir Investor Di IKN Usai Pemilu 2024

102 views
Mantratoto

Jokowi Klaim Usai Pemilu 2024, Para Investor Semakin Yakin Hingga Banjir Investor Di IKN

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Jokowi: Banjir Investor Di IKN Usai Pemilu 2024

Indoharian – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebuatkan Banjir Investor Di IKN, minat investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur semakin bertambah banyak setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurut Jokowi, saat ini sudah ramai para investor yang mengantre untuk berinvestasi di IKN.

“Yang antre ini sudah banyak, hanya perlu pertimbangan di mana lahan yang sudah clear and clean, kemudian kawasannya harus di mana agar ekosistem ini secepatnya terbentuk sehingga kota jadi hidup,” ujar Jokowi

Jokowi mengklaim para investor sangat optimis dan terus meningkat setelah Pemilu 2024.

Banjir Investor Di IKN, “Kalau yang antre ini rame ya diberi ini terus, yang lain tidak, nanti ekosistemnya jadi enggak terbentuk. Dan saya melihat optimisme pasca pemilu kemarin menjadi tidak sanksi dan sekarang semuanya akan kita atur groundbreaking-nya tetapi memang harus sama dengan ekosistem yang di rencanakan,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menunjukkan peta di lokasi IKN dengan posisi tiap klasternya. Peta tersebut menunjukkan padatnya titik-titik proyek pembangunan di IKN, apa lagi di IKN bagian barat.

“Yang lebih padat sebenarnya di IKN bagian barat, hanya saja ini titik-titiknya belum ditunjukkan di sini, tapi ini lah lokasi yang paling ramai & padat nantinya. Dalam beberapa bulan ini yang paling padat,” ujar Presiden Jokowi.

Diketahui Presiden Jokowi juga sudah merencanakan untuk berkantor di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur. Namun, Jokowi mengatakan ia baru mulai berkantor di IKN jika bandara dan jalan tol untuk ke kawasan ibu kota baru selesai dibangun.

“Saya akan menunggu bandaranya dan jalan tol nya jadi. Kalo jalan tol jadi, airport (bandara) jadi (saya akan berkantor di sini),” kata Jokowi usai melakukan grounbreaking beberapa lokasi bank di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024).

Ia mengatakan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimurjono akan diprioritaskan untuk dipindahkan ke IKN.

Banjir Investor Di IKN Jokowi mengatakan Basuki akan mulai bekerja di IKN pada pertengahan tahun 2024.

 

“Pak Basuki Juni, Juli. Pak Basuki Juli segera berkantor di IKN ,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimurjono sudah siap pindah ke ibu kota nusantara pada Juli 2024. Langkah ini bertepatan dengan selesainya sejumlah infrastruktur di IKN, antara lain rumah pedesaan untuk para menteri dan perumahan ASN (Rusun).

Menurut Presiden, pembangunan jalan tol tersebut saat ini sudah hampir 55 persen selesai. Kepala Negara berharap  tol tersebut siap digunakan pada pertengahan tahun 2024.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ini 7 Manfaat Hubungan Seksual Setiap Hari
Ini Jejak Militer Prabowo Subianto Dari Tahun 1985
Siap Siap! ASN Pindah Ke IKN Sebentar Lagi

“Ada yang mau pindah ke IKN? Ada yang  lihat IKN? Bulan Juli saya pindah  ke sana. Ada yang mau ikut?,” kata Basuki kepada ASN .

 

Pada tahap pertama, pemerintah berencana merelokasi 3.245 ASN dari 37 kementerian/lembaga ke ibu kota nusantara yang berlangsung Juli hingga November 2024. Kementerian PUPR saat ini sedang menyiapkan  1.740 unit  rumah (Lusun) untuk menampung para ASN tersebut.

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan  progres pembangunan perumahan ASN yang  dimulai  November 2023 kini mencapai sekitar 25 persen. Pak Endra mengatakan, 12 dari 47  rusun ASN diharapkan selesai dibangun dan siap dihuni pada  Juni-Juli 2024.

Kementerian PUPR saat ini  sedang menyelesaikan pembangunan 36 rumah pendeta di lingkungan IKN Perumahan tersebut terbagi menjadi dua kawasan, yakni Kavling 104 sebanyak 24 unit rumah  dan Kavling 105 sebanyak 12 unit rumah. Seluruh pekerjaan konstruksi diharapkan selesai pada akhir tahun ini.

 

Sumber: Liputan6

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply