Imbas Gunung Semeru Erupsi: Warga Mengungsi

31 views
Mantratoto

Imbas Gunung Semeru Erupsi: Ribuan Warga Mengungsi

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Imbas Gunung Semeru Erupsi: Warga Mengungsi

IndoHarian – Gunung Semeru kembali erupsi pada hari minggu (4/12) dan mengeluarkan awan panas. Imbas Gunung Semeru Erupsi ini ribuan warga kini mengungsi di sejumlah titik.

Semeru erupsi terjadi sekitar Minggu (4/12) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu mencapai 1.500 meter di atas puncak gunung atau sekitar 5.176 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu yang terlihat berwarna abu-abu dengan intensitas sedang hingga tebal berhembus ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dengan durasi 0 detik.

PVMBG Badan Geologi ESDM juga menaikkan status Gunung Semeru dari yang awaknya siaga kini menjadi status awas. Kenaikan dari level 3 siaga ke level 4 itu terhitung mulai minggu siang ini.

Dengan kenaikan status ini Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan juga mengimbau agar tidak ada aktivitas dalam radius 8 km dari puncak Gunung Semeru.

Awan panas guguran (APG) Gunung Semeru ini sudah menyentuh sampai Jembatan Gladak Perak di Sumber Wuluh, Candipuro. Gunung Semeru erupsi ini juga mengakibatkan Jembatan Gladak Perak sempat putus akibat terjangan erupsi Gunung Semeru. Jembatan yang memiliki panjang 120 meter itu merupakan penghubung Kabupaten Lumajang dan Malang.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan hingga saat ini tercatat ada 2.219 warga yang mengungsi di 12 titik pengungsian Imbas Gunung Semeru Erupsi.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Geger, Remaja Di Tarakan Tewas Dibunuh
Pelemparan Telur Busuk Warnai Safari Politik Anies
Darurat Gangster di Surabaya!!, Begini Respons Polisi

Saat ini setidaknya ada dua belas titik pengungsian dengan jumlah pengungsi sekitar 2.219 jiwa (masih sedang proses pendataan). Kata Khofifah dalam unggahannya di Instagram.

Khofifah juga mengungkapkan, saat ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Bupati Lumajang Thoriqul Haq serta pihak BPBD Jatim untuk segera mendirikan dapur umum untuk para pengungsi.

Saya juga telah berkoordinasi dengan BPBD Jatim agar langsung turun segera melakukan evakuasi serta mendirikan dapur umum. Sesuai koordinasi dengan Bupati Lumajang dapur umum dianjurkan didirikan di Pronojiwo khususnya daerah yang dekat dengan Desa Supit Urang yang terdampak paling parah Imbas Gunung Semeru Erupsi ini. Jelas Khofifah.

Sumber: Detik.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply