Pemerintah Menyulap Sungai Ciliwung Jadi Barometer

27 views
Mantratoto

Rencana Pemerintah Menyulap Sungai Ciliwung Jadi Barometer Sungai di Indonesia

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terkini, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Pemerintah Menyulap Sungai Ciliwung Jadi Barometer

IndoHarian РKementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama dengan Pemprov DKI Jakarta akan menyiapkan sejumlah rencana untuk menyulap Sungai Ciliwung Jadi Barometer pengelolaan sungai di Indonesia.

Supaya kita sadar kalau sebenarnya sungai Ciliwung itu harus kita rawat dan kita benahi, salah satunya adalah untuk menangani genangan banjir dan juga selain itu fungsinya bisa untuk olahraga atau hiburan dan lain-lain. Kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat ditemui di Festival Dayung Ciliwung 2022 di kawasan Sungai Ciliwung.

Nantinya salah satu event yang bakal dicanangkan oleh Pemprov DKI ialah lomba dayung di sepanjang Sungai Ciliwung. Nantinya, pihak Pemprov DKI akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR untuk menggelar acara festival dayung tersebut.

Mungkin usul Pak Basuki ini untuk merawat dengan cara kita adakan lomba dayung di Kali Ciliwung. Jelasnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono memandang Sungai Ciliwung kedepannya berpotensi menjadi sungai dengan sumber air yang bersih di Jakarta. Nantinya, ia bakal membenahi kualitas air sungai dari tingkat hulu agar Sungai Ciliwung Jadi Barometer sungai-sungai di Indonesia ini.

Saya kira Ciliwung ini bisa jadi sumber air yang bagus di Jakarta, sungai bagus di Jakarta ada juga dari waduk Jatiluhur. Kita juga ada bendungan di Banten, jadi kita ini punya 13 sungai yang lewat Jakarta tapi sudah tidak memenuhi baku dari mutu air tersebut. Kata Basuki.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Geger, Remaja Di Tarakan Tewas Dibunuh
Pelemparan Telur Busuk Warnai Safari Politik Anies
Darurat Gangster di Surabaya!!, Begini Respons Polisi

Kalau ini kualitas airnya bisa kita tingkatkan, kita perbaiki bisa akan bisa jadi sumber air pokok di Jakarta sendiri. Tentunya kalau ini bisa, misalnya, dari Sungai Sukamahi Ciawi ke Jakarta kita perbaiki kualitas airnya. Dan semua sungai khususnya sungai Ciliwung ini tidak hanya estetikanya kota tapi bisa juga untuk air bakunya di Jakarta. Jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Kementerian PUPR turut mengkampanyekan Gerakan Bersih dan Sehat Bersama Ciliwung dalam rangka mengajak agar masyarakat peduli terhadap pemeliharaan dan kelestarian dari Sungai Ciliwung. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, dan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air di sekitar kawasan Sungai Ciliwung, Jakarta.

Gerakan Ciliwung Bersih tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan mempertahankan kebersihan Sungai Ciliwung yang membentang panjang di jantung Ibu Kota DKI Jakarta. Sekaligus mendorong upaya pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan agar Sungai Ciliwung Jadi Barometer sungai di RI nantinya.

Sumber: Detik.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply