Rekomendasi Kuliner Terkenal Khas Cirebon

592 views
Mantratoto

Kuliner Terkenal Khas Cirebon Yang Selalu Di Kunjungi Wisatawan Ke Kota Tersebut

Berita Indonesia Terbaru, Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Kuliner Terkenal Khas Cirebon

Indoharian – Rekomendasi Kuliner Terkenal Khas Cirebon

INDOHARIAN.COM – Daya tarik Kota Cirebon tidak hanya terletak pada sejarah dan budayanya yang besar. Salah satu hal yang harus wisatawan eksplor adalah kekayaan kuliner terkenal khas Cirebon. Terdapat banyak ragam kuliner dan modifikasi pada Cirebon. Tentang rasa jangan diragukan lagi, dijamin dapat menggoyang lidah Kamu. Untuk yang masih belum pernah mencoba jenis kuliner khasnya, Kamu tentu wajib mencicipinya dahulu.

Jangan bingung, berikut kuliner terkenal khas Cirebon yang wajib Kalian coba di kota udang ini.

1. Empal Gentong

Potongan daging dengan berbagai jeroan sapi tersebut dikukus dengan bumbu rempah khas pada dalam gentong. Sesudah meresap, daging dikeluarkan untuk kembali disajikan ketika terdapat pesanan. Gurih sedikit pedas rempah adalah rasa umum yang asalnya dari kuah hangat empal gentong khas Cirebon tersebut. Dengan bawang goreng serta irisan kucai sebagai pelengkap hidangannya.

Siapa pun yang mencium wangi kuah hangatnya pasti akan segera tergoda. Terlebih dagingnya yang empuk dengan bumbu yang meresap. Hidangan tersebut dapat ditemukan pada sepanjang Jalan Raya Plered. Seperti Empal Gentong Krucuk, Hj. Dian, H. Apud, Amarta dan yang lainnya.

2. Nasi Lengko

Nasi lengko ialah hidangan dengan bahan nasi hangat ditambahkan beberapa potong tahu, tempe, mentimun cacah, dan tauge rebus. Setelahnya dituangkan saus kacang tauco yang khas, membuatnya semakin enak saja.

Lengko yang enak dan nikmat, mengutamakan tahu dan tempe yang tidak terlalu matang kering. Masih kenyal dan dihidangkan selagi panas. Sebagai pelengkap terdapat irisan daun kucai, kecap, dan bawang goreng di atas nasinya. Kamu dapat coba nasi tersebut pada berbagai toko empal gentong, seperti di Jalan Raya Plered. Antara lain Empal Gentong Krucuk, Hj. Dian, H. Apud, Amarta dan yang lainnya. Serta di Jalan Suryanegara, ada Nasi Lengko Pagonan, dan yang lainnya.

3. Docang

Docang adalah salah satu jenis hidangan berkuah khas dari Cirebon. Docang dengan bahan utama lontong, digabungkan dengan daun singkong, tauge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang menjadi khas.

Campuran makanan berikutnya dituangkan kuah panas yang diracik dari bumbu rempah pilihan, serta tempe bungkil atau oncom. Kelezatan docang bisa Kamu rasakan di Docang Khas Cirebon Ibu Wiwi, Jalan Ksatria No.95, Cirebon. Selain hal tersebut juga ada Docang pa Kumis terletak di Jalan Tentara Pelajar, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Vivo resmikan Y30
MU rekrut Chiesa
larangan perpanjang sim

4. Empal Asam

Berbeda dengan kakaknya empal gentong yang memiliki kuah kuning, dengan bahan utama santan serta rempah, empal asam malahan berkuah bening, dengan bahan utamanya ialah kaldu, serta belimbing wuluh.

Empal Asam

Belimbing wuluh itulah yang mengeluarkan rasa asam yang sangat khas. Memakannya dalam kondisi hangat sangat menyegarkan, dengan rasa asam yang sangat pas. Empal tersebut juga sering dikenal empal dengan kolesterol rendah. Kamu dapat mencobanya pada berbagai toko empal gentong besar, seperti di sepanjang Jalan Raya Plered.

Itulah beberapa kuliner terkenal khas Cirebon yang harus kalian coba jika berwisata ke Cirebon.

Sumber: Kompas.com

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian Kuliner Terkenal Khas Cirebon news Politik Terkini Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply