Solusi Jokowi Atasi Karhutla, Berfaedahkah?

59 views
luwakpoker

Solusi Jokowi Atasi Karhutla Yang Menyebar Hingga Malaysia dan Singapura

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com Solusi Jokowi Atasi Karhutla

Solusi Jokowi Atasi Karhutla, Berfaedahkah?

 

IndoHarian.com – Solusi Jokowi agar dapat segera dapat atasi karhutla yang dari waktu ke waktu semakin parah dan menyebabkan penyebaran asap hingga luar negeri. Saat ini asapnya telah menyebar dan mengotori udara hingga diseluruh Provinsi Sumatera dan telah mencapai Malaysia dan Singapura.

Menurut data dari BNPB, ada sekitar 2.862 titik api yang tersebar di beberapa wilayah, seperti di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Semenanjung Malaysia, Serawak Malaysia, hingga Singapura.

Dibutuhkan keseriusan yang sangat untuk dapat mengatasi masalah kebakaran hutan yang semakin luas. Berikut Solusi Jokowi atasi karhutla. Bagaimana hasilnya?

Water Bombing, Presiden Jokowi klaim bahwa pemerintah telah melakukan segara cara untuk dapat mengatasi hutan yang kebakaran agar segera padam.

“Segala usaha sudah dilakukan. Yang di darat (pemadaman) sudah semuanya, tambahan pasukan kemarin sudah saya perintahkan juga. Kemarin datang totalnya 5.600 (pasukan),” ucap Jokowi.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
sepatu Jokowi kotor
Tito Karnavian Heran
Panglima TNI atasi karhutla

Jokowi katakan bahwa pemerintah akan terus melakukan aksi water bombing di lokasi karhutla. Setidaknya, ada sebanyak 52 pesawat telah dikerahkan untuk aksi pemadaman itu. Hujan buatan disekitar lokasi kebakaran pun telah disiapkan sebagai opsi lain.

“Ini mau berangkat (pesawat penyemai) hujan buatan. Hari Jumat lalu juga sudah kita perintahkan, sudah diterbangkan dan alhamdulillah saat itu di Indragiri Hilir juga hujan turun. Ini sekarang kita lakukan lagi menabur garam,” ucap Jokowi.

“Karena awannya ada kita berdoa semoga nanti juga jadi hujan, insya Allah di hari ini,” lanjutnya.

Teknik Modifikasi Cuaca (TMC), Tidak hanya water bombing. Pemerintah juga akan melakukan penangulangan dengan TMC untuk padamkan kebakaran lahan dan hutan. TMC atau hujan buatan disinyalir bisa memadamkan kebakaran dengan menggunakan teknologi.

“Dengan pelaksanaan hujan buatan ini, kami juga berupaya melakukan manajemen mitigasi bencana, melalui solusi teknologi modifikasi cuaca,” kata Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza.

Teknik Modifikasi Cuaca tersebut dilakukan dengan cara menabuh garam pada awan yang berpotensi hujan. Sehingga tingkat keberhasilan dari modifikasi cuaca sangat tergantung keberadaan awan.

Tanpa adanya awan, maka proses TMC juga sulit dilakukan. Selain hal tersebut, tebalnya asap karhutla pun menjadi kendala. Modifikasi cuaca bakal dilakukan ketika kondisi cuaca yang memang memungkinkan untuk dilakukan penyemaian garam di awan.

Solusi Jokowi atasi karhutla diharapakan dapat segera meredakan kebakaran yang terjadi.

Sumber : merdeka

texaspoker2

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik Solusi Jokowi atasi karhutla

Author: 
    author

    Related Post

    viral88poker

    Leave a reply