Solusi Rusuh Papua, Istana: Pembatasan Internet Perlu!

313 views
Luwakpoker

Kepala Staf Kepresidenan Sarankan Pembatasan Internet Sebagai Solusi Rusuh Papua Agar Tidak Meluas

Berita Dunia Terbaru, Berita hari ini, Berita Indonesia Terbaru, Berita Terkini, berita terupdate, Indoharian, news, Politik, Terupdate serta Analisis dari INDOHARIAN.com, Solusi Rusuh Papua

Solusi Rusuh Papua, Istana: Pembatasan Internet Perlu!

 

IndoHarian – Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dukung pembatasan layanan internet sementara sebagai salah satu solusi rusuh Papua agar tidak menyebar luas. Hal tersebut disampaikan oleh pemerintahan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) setelah kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Dia menilai bahwa pemblokiran internet juga merupakan salah satu tindakan yang sangat diperlukan untuk tangani kerusuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat. Sebab menurutnya hal tersebut dapat membantu mencegah meluasnya aksi kerusuhan di Bumi Cendrawasih.

“Ya kita bicara keamanan nasional lah. Pembatasan itu diperlukan, ,” ucap Moeldoko di Hotel Arya Duta, Jakarta Pusat pada hari Kamis (22/8/2019).

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Pak Ogah begal payudara
aktor kerusuhan papua
pembakar polisi Cianjur

 

Dia juga memninta agar masyarakat dapat mengerti dan memahami situasinya sebab dalam penanganannya perlu juga langkah preventif. Bembatasan internet lah yang menjadi salah satu solusi rusuh Papua dan juga tidak selamanya internet dibatasi.

“Ini harus dipahami bahwa untuk kepentingan keamanan nasional bahwa langkah-langkah preventif diperlukan,” tutur Moeldoko.

Akan tetapi dia katakan bahwa masih belum diketahui sampai kapan pembatasan internet itu akan diberlakukan. Menurut pihak pemerintahan masih sedang mengkaji situasi sebelum mengambil tindakan.

“Tapi kan tidak seterusnya. Kita lihat situasinya,” ucap Kepala Staf Kepresidenan itu.

Sesuai dengan yang diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI telah memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi di Papua dan Papua Barat sejak hari Rabu (21/8/2019) kemarin. Hal tersebut sengaja dilakukan Kemenkominfo hingga suasana Tanah Papua kembali menjadi kondusif dan normal.

Kemenkominfo sampaikan bahwa pembatasan akses internet dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya.

Kemenkominfo juga menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan perlambatan (Throttling) akses jaringan internet di beberapa wilayah Papua saat terjadi aksi massa pada hari Senin lalu (19/8/2019).

Moeldoko katakan bahwa untuk Solusi rusuh Papua pembatasan internet hingga suatu waktu perlu dilakukan untuk redam amarah dan cegah penyebaran ujaran. Hal tersebut untuk menciptakan keadaan yang kondusif dan aman.

Sumber : Suara

Berita Dunia Terbaru Berita hari ini Berita Indonesia Terbaru Berita Terkini berita terupdate Indoharian news Politik solusi rusuh Papua

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply