banner 468x60

Waduh! Inilah Beberapa Dampak Bahaya Akibat Kebanyakan Tidur

 KESEHATAN
banner 468x60

Berikut Ini Penjelasan Beberapa Dampak Bahaya Akibat Kebanyakan Tidur

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Waduh! Inilah Beberapa Dampak Bahaya Akibat Kebanyakan Tidur

 

Indoharian, JAKARTA — Percayalah, sesuatu yg berlebihan pada akhirnya pun tak baik juga, termasuk tidur berlebihan. Seperti yang dilansir Huffington Post, ada beberapa gangguan fisik dan psikis bahaya akibat kebanyakan tidur.

Dari laporan tersebut menyebutkan, kebanyakan tidur, salah satunya, dapat menyebabkan depresi atau cepat mati. Maka untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa dampak yg diakibatkan apabila tidur berlebihan.

1. Depresi
Sebuah studi pada tahun 2014 telah menyebutkan, keseringan banyak tidur atau durasi tidur yg panjang dapat meningkatkan risiko seseorang menjadi depresi.

2. Dapat merusak otak
Tidur yang berlebihan juga dapat merusak otak, seperti hasil penelitian yg dilakukan pada tahun 2012 silam.

Dalam studi tsbt, peneliti telah menemukan kalau wanita yg tidur lebih dari 9 jam setiap malam & kurang dari 5 jam, otaknya pun akan mengalami penuaan 2 tahun lebih cepat.

3. Susah hamil
Mungkin inilah yang bisa menjadi perhatian bagi para perempuan yg mengharapkan kehamilan tak terkecuali para lelaki.

Kepada perempuan, jika tidur terlalu banyak bisa meningkatkan risiko sulit hamil. Pada tahun 2013, sebuah tim peneliti dari Korea telah menganalisa kebiasaan tidur sekitar 650 wanita yg mengikuti program bayi tabung.

Dan hasilnya: tingkat kehamilan tertinggi terjadi pada perempuan yg tidur malam selama 7 sampai 8 jam. Sedangkan tingkat kehamilan terendah terjadi pada wanita yg tidur 9 sampai 11 jam pada malam hari.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Ojek Online di Magelang Resmi Dilarang Beroperasi, Begini Alasan Pak Wali
Rizieq Nggak Jadi Pulang Pada 16 Agustus, Begini Alasannya!!!
Victor Dinilai Sudah Memprovokasi, Fadli Zon: Jangan Sampai Victor Menjadi Ahok Kedua!

4. Diabetes
Menurut peneliti dari Quebec, Kanada, telah menemukan bahaya akibat kebanyakan tidur 2 kali bisa berisiko terkena diabetes tipe 2 dibanding dengan mereka yg tidurnya cukup pada malam hari.

5. Obesitas
Bagi yang terlalu banyak tidur juga bisa berisiko menjadi obesitas.

Penelitian tsbt selama 6 tahun yg dilakukan Quebec pun mengungkapkan, peserta yg terlalu banyak tidur maka menjadi lebih gemuk dibanding dengan peserta yg tidurnya cukup dalam semalam.

6. Sakit jantung
Penelitian yg dipersentasikan dlm pertemuan American College of Cardiology tahun 2012, pun menjelaskan, tidur lebih dari 8 jam setiap malam dapat meningkatkan risiko masalah pada jantung.

Hal ini pun dibuktikan pada saat peneliti menganalisis sekitar 3.000 orang.

7. Usia menjadi “lebih pendek”
Sejumlah penelitian pun mengaitkan kualitas tidur yg buruk dgn usia hidup seseorang.

Berdasarkan dari 16 penelitian yg sudah dilakukan pada tahun 2010, bahaya akibat kebanyakan tidur atau orang yg tidur lebih dari 8 jam pada malam hari 1,3 kali lebih berisiko mempunyai usia hidup lebih singkat atau kematian lebih awal. Penelitian tsbt telah melibatkan 1.382.999 partisipan.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

banner 468x60

Related Posts

Leave a Reply