sakuratoto

Kepada Orangtua, Harus Kenali Lima Tanda-tanda Bayi Mulai Stres

 KESEHATAN
Alternatif Link Ligaasiapoker

Inilah Lima Tanda-tanda Bayi Mulai Stres Dan Wajib Untuk Orangtua Ketahui

Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate, Politik, Berita Dunia Terbaru, Foto, Video, Ulasan Teknologi, Kesehatan, Alam dan Entertainment News

Indoharian – Kepada Orangtua, Harus Kenali Lima Tanda-tanda Bayi Mulai Stres

 

Indoharian — Bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, namun stres bisa juga dialami oleh bayi, lho! Karena penyebabnya pun bermacam-macam. Menurut dari psikolog Dra Mayke S Tedjasaputa, M.Si. tanda-tanda bayi mulai stres itu bisa diketahui orangtua apabila orangtua peka dgn perubahan tingkah laku si kecil.

“Jangan pula membayangkan kalau stres cuma bisa dialami oleh bayi-bayi yg kedua orangtuanya bekerja. Bayi yg setiap hari ditunggui ibunya pun bisa saja mengalami stres,” ujars Mayke.

Bayi yg ditinggal oleh orangtuanya pun bisa menjadi stres lantaran kehilangan rasa aman.

Sementara itu, bayi-bayi yg selalu ditunggui dan diberi perlindungan berlebihan jadi gampang stres lantaran mudah terhadap perubahan.

“Sebab di rumah ia merasa sangat aman, maka saat begitu berada di lingkungan yang baru bayi lebih mudah stres,” ujarnya.

Bayi-bayi yang seperti ini akan tumbuh menjadi anak yg pencemas, kurang pergaulan, kurang percaya diri dan lainnya.

Meskipun begitu, mengingat faktor dari usia, kondisi tsbt masih bisa diperbaiki. “Dengan cara dilatih menghadapi berbagai situasi, anak pun jadi tak begitu mudah stres.”

Memang tak segampang mengenali stres pada bayi, meski terus dilakukan. “Dikatakan tidak gampang lantaran bayi masih berkomunikasi dgn cara menangis.

Bisa saja orangtua menganggap biasa aja pada tangisan anaknya, padahal sebenarnya bayi tsbt sedang stres,” ujar Staf Pengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini.

SIMAK JUGA Berita Harian Lainnya
Imigrasi Tak Bisa Pulangkan Rizieq ke Indonesia!!! Karena Ini Alasannya
Mantap! Begini Komentar Pedas Ma’ruf Amin Mengenai Kasus Rizieq Shihab
Artikan 1 Huruf Peninggalan Dinasti Shang Imbalan Rp 200 Juta

 

Untuk memberi beberapa petunjuk kepada orangtua, maka Mayke akan menjelaskan 5 tanda-tanda bayi mulai stres :

1. Lebih Rewel
Bayi menangis itu wajar-wajar saja. Tetapi coba perhatikan frekuensi dan intensitas tangisannya. Kalau biasanya selama tidur ia tak menangis kecuali ngompol atau haus, sekarang hampir tiap malam jadi rewel. Jika dirasa tak ada sesuatu yg secara “kasat mata” mengganggunya, bisa jadi ini adalah tanda bahwa si kecil mengalami stres.

2. Tidur Gelisah
Tanda yg sangat mudah dikenali ialah tidurnya terlihat gelisah. Selain gelisah, ia bisa jadi tiba-tiba terbangun dan menangis tapi bukan karena popoknya basah atau waktunya minum susu.

3. Berat Badan Menjadi Turun
Tanda lainnya yg harus diwaspadai ialah berat badannya yg menyusut.

4. Tidak Begitu Ceria Lagi
Coba perhatikan bagaimana responsnya pada saat diajak bermain. Bayi-bayi yang mengalami stres, pada saat diajak bermain terlihat lebih “dingin” atau tak seceria biasanya.

5. Menjadi Lebih Diam
Begitu juga jika diajak berkomunikasi. Bayi terlihat lebih pendiam dan tdk memberikan tanggapan seperti hari-hari sebelumnya maka inilah tanda-tanda bayi mulai stres.

Sumber : Indoharian | Berita Harian Indonesia Terbaru dan Terupdate

totokita

Related Posts

Leave a Reply